SEJARAH CANDI PRAMBANAN

Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu yang terbesar di Indonesia dan dibangun sekitar pada abad 9 Masehi oleh Raja Balitung Maha Sambu dari Wangsa Sanjaya berdasarkan prasasti Sywagrha. Nama asli kompleks candi ini “Siwagrha” dalam bahasa Sansekerta artinya “Rumah Siwa”, karena ruang utama Candi Prambanan bersemanyam arca Siwa Mahadewa dengan tinggi 3 meter.


JALAN MENUJU CANDI PRAMBANAN

Akses ke Candi Prambanan sangat mudah karena berada di jalan Solo-Jogja. Dari Yogyakarta (17 km barat daya) kamu bisa menggunakan Transjogja dan berhenti di halte pasar Prambanan. Lebih detailnya :

  • Dari Stasiun Tugu Yogyakarta
    Kamu bisa pakai taksi atau rental mobil yang banyak tersedia di kawasan Malioboro. Tapi jika kamu mau pake Transjogja, kamu bisa naik dari halte mangkubumi menggunakan Transjogja jalur A1.
  • Kendaraan Pribadi
    Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi kamu bisa melewati jalan Raya Solo-Jogja yang bisa di akses dari jalan luar lingkaran Jogja atau dari dalam kota Yogya melewati Jalan Laksda Adisucipto. Lokasi Candi Prambanan berada di km 16 Jalan Raya Solo-Jogja sebelah utara jalan.

HARGA TIKET DAN JAM BUKA CANDI PRAMBANAN

Untuk jam kunjung wisatawan Candi Prambanan mulai pukul 06.00-17.00 wib.

  • Wisatawan Domestik Dewasa: Rp 30.000
  • Wisatawan Domestik Anak: Rp 12.500
  • Warga negara asing: USD $18
  • Untuk reservasi tiket dan informasi lainnya bisa menghubungi nomor (0274) 4596401

Tarif Wisatawan Lokal
per orang untuk sekali masuk (Termasuk premi asuransi Rp 500/orang)

  1. TWC Prambanan
    – Usia 10 tahun keatas: Rp 40.000
    – Usia 3 s/d 10 tahun: Rp 20.000
  2. Paket TWC Prambanan, Plaosan, dan Sojiwan
    – Usia 10 tahun keatas: Rp 60.000
    – Usia 3 s/d 10 tahun: Rp 30.000

Tarif Wisatawan Lokal Rombongan
pelajar serta mahasiswa per grup setiap kali masuk* (dengan surat pengantar dari sekolah/universitas)

  1. Tarif >20 orang
    TWC Prambanan: Rp 20.000
    Paket TWC Prambanan, Plaosan, dan Sojiwan: Rp 30.000
    (termasuk premi asuransi Rp 500/orang)

Paket Terusan

  1. Prambanan – Ratu Boko (fasilitas shuttle di Prambanan dan Ratu Boko)
    – Usia 10 tahun keatas: Rp 75.000
    – Usia 3 s/d 10 tahun: Rp 35.000
  2. Prambanan – Borobudur
    – Usia 10 tahun keatas: Rp 75.000
    – Usia 3 s/d 10 tahun: Rp 35.000
  3. Prambanan – Ramayana (ramayana kelas II)
    – Usia 10 tahun keatas: Rp 150.000
    – Usia 3 s/d 10 tahun: Rp 135.000

AKTIFITAS DI CANDI PRAMBANAN

  1.  Selfi Berfotoria
    Pemandangan Kompleks Candi Prambanan yang tampak asri dan di lengkapi dengan taman yang indah tak lupa bangunan candi yang menjulang tinggi menjadi incaran untuk selfie. Kamu bisa memilih spot-spot yang lebih indah bila kamu memilih waktu saat senja muncul atau tenggelam.
  2. Menambah Wawasan dan Budaya
    Candi Prambanan menjadi salah satu referensi belajar sejarah tentang kebudayaan Hindu di Indonesia. Terdapat banyak relief candi yang memberikan pelajaran sejarah penting kehidupan Dinasti Sanjaya. Dan tak lupa pula kisah tentang Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang yang banyak orang mengaitkannya dengan pembentukan arca-arca di kompleks Candi Prambanan.
  3. Berkunjung ke Museum Candi Prambanan
    Museum yang berbentuk joglo ini masih satu lokasi dengan kompleks Candi Prambanan. Museum ini memiliki banyak koleksi benda bersejarah diantaranya : artefak, arca, fosil-fosil hewan, gerabah, hingga Legenda Roro Jonggrang. Jangan ragu untuk mengunjungi museum ini karena kamu tidak akan dikenakan biaya tambahan atau gratis.
  4. Membeli Oleh-Oleh
    Banyak sekali pedagang di sekitar candi prambanan yang aneka macam souvenir kerajinan seperti kalung, tas, baju, gantungan kunci, gelang, bahkan makanan ringan juga tersedia, jangan lupa menawar untuk bisa mendapatkan harga yang sesuai.
  5. Bersepeda
    Menyusuri Candi Prambanan tidak hanya dengan berjalan saja buat kamu yang hobi bersepeda bisa menikmati suasan pagi dan sore hari dengan bersepeda.
  6. Pertunjukan Sendratari Ramayana Prambanan
    Pertunjukan Sendratari Ramayana merupakan perpaduan seni tari, drama, dan musik jawa yang diadakan setiap hari Selasa, Kamis, dan Jum`at dari jam 19.30 – 21.30 wib. Untuk lokasi pertunjukannya dibagi dua, pada saat kemarau pertunjukan diadakan di open theater, tapi pada saat musim hujan pertunjukan diadakan di Gedung Trimurti. Tiket masuk Pertunjukan Sendratari Ramayana Prambanan berbeda dengan tiket masuk Candi Prambanan.

FASILITAS CANDI PRAMBANAN

  • Tempat parkir luas
  • Mushola
  • Toilet
  • Tempat makan
  • Museum
  • Kereta wisata